Iklan

Santosa Siap Fasilitas Pertemuan Koperasi dengan Perusahaan

Rabu, 08 Juni 2022 | 21.35 WIB Last Updated 2022-08-07T10:20:43Z


Mega-Berita.com
- Ketua Komisi A Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Sintang mengatakan bahwa dirinya siap memfasilitasi pertemuan antara koperasi di Kecamatan Kayan Hilir dengan General Manager (GM) Gunas Group.

“Saya siap memfasilitasi lah. Karena permintaan koperasi adalah bertemu GM Gunas untuk menyampaikan banyak keluhan. Kebetulan, saya kenal dengan yang bersangkutan,” katanya.

Dikatakan Santosa, dirinya memang bukan dewan yang duduk di Komisi D yang membidangi investasi atau perkebunan di Kabupaten Sintang. Namun, selaku dewan dari dapil Kayan Hilir dirinya tetap punya kapasitas untuk membantu masyarakat yang datang langsung menghadap dirinya untuk menyampaikan permasalahan investasi.

Sementara itu, ketika pertemuan di ruang Komisi A, Koperasi Unit Desa (KUD) tetap jaya memang ingin menemui Santosa karena masih satu daerah dari Kayan Hilir. Mengingat, masalah petani plasma pernah disampaikan ke Komisi D namun belum ada tindaklanjut.

Mereka mengungkapkan bahwa meminta difasilitasi untuk bertemu pihak perusahaan. Karena ada beberapa keluhan yang ingin disampaikan secara langsung. Salah satunya terkait dengan status sertifikat kebun plasma KUD Tetap Jaya dibawah naungan PT SML dengan luas 301,4 hektar. Namun hingga saat ini, status sertifikat tersebut masih abu-abu atau tidak jelas. Makanya KUDS perlu ketemu dengan GM Gunas Grup

Kedua terkait pencapaian produksi tandan buah segar (TBS) dalam beberapa tahun ini. Karena dengan usia tanam 10 hingga 20 tahun, seharusnya sudah mencapai 2 ton hingga 2,5 ton per hektar. Tetapi yang terjadi sekarang hanya 1 ton per hektar. Kondisi ini tentu saja berpengaruh pada pendapatan atau kesejahteraan petani. Bagi kami sebagai petani plasma, capaian tersebut dianggap gagal karena tidak tercapai hasil produksi. Apalagi sekarang sudah mendekati replanting, seharusnya dari segi hasil sudah memuaskan atau paling tidak berimbang.

 

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Santosa Siap Fasilitas Pertemuan Koperasi dengan Perusahaan

Iklan