Iklan

Warga Ingin Kebun Sawit Diperhatikan

Rabu, 08 Juni 2022 | 21.49 WIB Last Updated 2022-08-07T10:20:43Z


Mega-Berita.com
– Ketua Komisi A Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Sintang, Santosa mengatakan bahwa inti masalah yang ingin disampaikan petani plasma mitra PT Sumatera Makmur Lestari (PT SML) dari Gunas Group di Kecamatan Kayan Hilir adalah ingin perusahaan memperhatikan kebun. Petani plasma ingin menyampaikan permalahan itu secara langsung ke General Manager (GM) Gunas Group.

“Mereka ingin menyampaikan terkait polemik perkebunan yang tidak diurus dan mereka meminta perusahaan memerhatikan. Kebun yang udah layak panen, tidak dipanen. Serta banyak masalah lain yang membuat petani plasma dirugikan. Intinya mereka ingin permasalahan mereka didengar dan direspon langsung oleh GM,” ungkap Santosa.

Dikatakan Santo, ketika koperasi mitra ingin bertemu langsung dengan GM, diharapkan menjadi bahan evaluasi manajemen yang ada di bawahnya. Ia malah beranggapan bahwa masalah itu tidak seharusnya sampai ke GM jika jajaran manajemen di lapangan memerhatikan keinginan petani plasma.

Sebelumnya, dalam pertemuan dengan Ketua Komisi A, pengurus KUD Tetap Jaya yang merupakan mitra PT Sumatera Makmur Lestari (PT SML) dari Gunas Group di Kecamatan Kayan Hilir, ingin menyampaikan keluhan secara langsung.  Namun meminta untuk difasilitasi pertemuan dengan GM Gunas Group.

Sebelumnya, kata Santosa, bulan Oktober 2021 lalu dirinya ikut serta dengan teman-teman KUD Tetap Jaya menemui Ketua Komisi D. Saat itu dijabat Pak Harjono Bejang. Karena dari dapil sana (Kayan Hilir-red), dirinya saya berusaha membantu agar bisa diselesaikan atau mendapatkan solusi. Ternyata seiiring berjalannya waktu, mereka menilai belum ada progres ke arah yang lebih baik tarkait aduan yang sudah disampaikan. Jadi mereka datang lagi menemui dirinya secara personal. Mereka meminta pendapat saya terkait hal yang sudah diadukan. Dan menurut mereka belum ada progres.

“Oleh karena itu, jika belum juga ada progress ke arah yang lebih maju, saya akan coba berkomunikasi dengan GM Gunas Group sesuai permintaan koperasi,” ujarnya.

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Warga Ingin Kebun Sawit Diperhatikan

Trending Now

Iklan