Iklan

Santosa Minta Gaji Perangkat Desa Dibayar

Rabu, 08 Juni 2022 | 22.00 WIB Last Updated 2022-08-07T10:20:43Z


Mega-Berita.com
– Ketua Komisi A Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Sintang meminta Kepala Desa Ipoh Emang Kecamatan Kayan Hilir membayar gaji perangkat desa yang sempat “ditahan”. Sebelumnya, Santosa menerima pengaduan 6 perangkat desa terkait sikap Kades Ipoh Emang, Kecamatan Kayan Hilir, yang tidak membayar penghasilan tetap (SILTAP) atau gaji selama beberapa bulan. Mereka mengklaim gaji tidak dibayar karena masalah pilihan perbedaan politik dan kesalahan yang dicari-cari.

Santosa menyesalkan adanya gaji perangkat desa yang tidak dibayarkan. Menurutnya hal tersebut seharusnya tidak terjadi di pemerintahan desa. Karena SILTAP atau gaji merupakan hak perangkat desa ketika yang bersangkutan masih bekerja atau belum ada SK pemecatan dari desa. Hak orang tidak boleh ditahan-tahan, tidak boleh dikompromikan. Ini hak orang. Ini zolim namanya. Oleh karena itu kepala desa harus segera menyelesaikan hal ini.

“Kedepan Komisi A DPRD Sintang juga akan memanggil Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (DPMPD) Sintang untuk mempertanyakan masalah tersebut.

Lusianus Leoando, Kepala Urusan Ekonomi dan Pembangunan (Kaur Ekbang) Desa Ipoh menduga, tidak dibayarnya gaji dirinya bersama perangkat desa lainnya karena masalah politis. Sebab saat pelaksanaan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) lalu, ia dan rekannya tidak mendukung Kades tersebut. Dia menuding Kades itu sengaja ingin mencari peluang untuk memecat perangkat desa. Yakni dengan terkesan dicari-cari kesalahan yang dijadikan sebagai alasan pemecatan. Kami juga diberikan Surat Peringatan (SP) yang tidak sesuai prosedur.

Kades Ipoh Emang Kecamatan Kayan Hilir, Viktorius Kamisius Yosi menegaskan bahwa pemberian SP pada 6 perangkat desa sudah sesuai prosedur. Tidak terkait masalah politik atau ingin mencari-cari kesalahan. Viktor mengungkapkan, 6 perangkat desa tersebut jarang masuk sejak bulan Oktober 2021 hingga saat ini.

 

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Santosa Minta Gaji Perangkat Desa Dibayar

Iklan