Iklan

Kasus DBD Meningkat, RSUD Ade M Djoen Siap Tangani Pasien Rujukan

mega-berita.com
Kamis, 05 Oktober 2023 | 19.10 WIB Last Updated 2023-10-05T12:52:29Z
Mega-Berita.com   Sintang, - Tercatat sampai dengan akhir bulan september tahun 2023 sebanyak 365 kasus Demam Berdarah Dengue ( DBD ) sudah di tangani Rumah Sakit Umum Daerah Ade Muhammad Djoen Kabupaten Sintang Kalimantan Barat.

Saat di konfirmasi awak media Dr. M. drg. Ridwan Tony Hasiholan Pane, M.K.M selaku Direktur RSUD Ade M Djoen mengatakan, kita sudah melakukan persiapan semaksimal mungkin guna mengantisipasi semakin bertambahnya pasien Demam Berdarah Dengue ( DBD ) yang dirujuk dari beberapa puskesmas dan fasilitas kesehatan swasta, baik yang datang dari dalam maupun dari luar daerah Kabupaten Sintang.

Sampai saat ini kamar rawat inap masih tersedia dan jika memang terjadi over-capacity kita akan menambah extra bed sebagai langkah antisipasi untuk menampung pasien rujukan Demam Berdarah Dengue ( DBD ), Mengingat mayoritas pasien yang dirujuk dan dirawat adalah anak - anak maka harus kita tangani sesegera mungkin.


Sementara Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Darmadi saat ditemui awak media diruang kerjanya menyampaikan sampai saat ini per September 2023 tercatat sebanyak 402 kasus Demam Berdarah Dengue ( DBD ) yang sudah terjadi di Kabupaten Sintang 8 orang pasien DBD dinyatakan meninggal, dengan rincian sebanyak 5 orang dari Kecamatan Sintang 2 orang dari Kecamatan Sepauk dan 1 dari Kecamatan Kelam Permai.

Dari hasil rapat lintas sektoral yang telah kita laksanakan, untuk sementara waktu terkait dengan status kasus Demam Berdarah Dengue ( DBD ) di Kabupaten Sintang belum dikategori masuk dalam Kejadian Luar Biasa Demam Berdarah ( KLB DBD ), Namun ada masukan sumbang dan saran yang disampaikan oleh beberapa OPD terkait, untuk tindakan perlakuan dan upaya menurunkan kasus Demam Berdarah Dengue ( DBD ) dikategorikan seperti halnya kondisi penanganan Kejadian Luar Biasa ( KLB ),Tutupnya. 


Ck
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Kasus DBD Meningkat, RSUD Ade M Djoen Siap Tangani Pasien Rujukan

Iklan