Iklan

Soal Penanganan Sampah Sintang

Kamis, 09 Juni 2022 | 22.42 WIB Last Updated 2022-08-07T10:20:43Z


Mega-Berita.com
– Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Sintang, Edy Harmaini menyampaikan problem utama sebuah kota berkembang termasuk SIntang adalah pengelolaan sampah. Peningkatan volume sampah berbanding lurus dengan peningkatan jumlah penduduk, aktivitas masyarakat dan kemudahan aksesiblitas masyarakat antar wilayah serta akselerasi pembangunan kawasan.

Ia mengatakan, sebagaimana sebuah kota yang bergerak maju, volume sampah yang dihasilkan masyarakat meningkat cukup tajam dalam beberapa tahun terakhir. Berdasarkan data, sampah yang dihasilkan di Kabupaten Sintang itu mencapai 350 ton perhari. Dan yang mampu diyangani hanya 122 ton per hari atau 34 persen saja. Untuk Kecamatan Sintang saja, hanya mampu menangani 75 persen sampah yang ada.

Rendahnya volume sampah yang bisa kita tangani dan kelola disebabkan oleh kurangnya sarana dan prasarana, rendahnya pembiayaan dari tahun ke tahun, pengelolaan sampah yang masih manual sehingga mempengaruhi kinerja. Dan tentunya kebiasaan masyarakat kita yang belum baik dalam mengelola sampah.

Menyikapi masalah sampah, Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Sintang Senen Maryono mengatakan bahwa untuk mengatasi persoalan sampah merupakan tugas bersama. Penanganan persampahan jangan hanya dibebankan pada pemerintah tapi juga perlu peran masyarakat. Penanganan sampah itu tugas bersama karena sangat penting. Apalagi penanganan kebersihan lingkungan ini menopang kesehatan.

Dikatakan Senen, permasalahan penanganan sampah di Kabupaten Sintang harus melihat banyak hal. Salah satunya terkait anggaran di Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Sintang yang perlu mendapat perhatian. Karena volume sampah di Sintang sangat tinggi sementara truk pengangkut banyak rusak juga terbatas. Belum lagi masalah anggaran untuk operasional truk tersebut. Dengan adanya kondisi itu, kita tidak bisa serta merta menyalahkan Dinas Lingkungan Hidup. Tapi harus menjadi perhatian bersama.

Sementara itu peran masyarakat untuk menangani permasalahan persampahan juga sangat diperlukan. Terutama terkait kesadaran membuang sampah pada tempatnya. Kesadaran tidak membuang sampah sembarangan harus ditanamkan sejak dini. Karena ada kecendrungan oknum di masyarakat membuang sampah sembarangan meski sudah disediakan tempat khusus.

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Soal Penanganan Sampah Sintang

Trending Now

Iklan