Iklan

Ini Alokasi ADD Selama Pandemi

Selasa, 28 Juni 2022 | 08.25 WIB Last Updated 2022-08-07T10:20:43Z


Mega-Berita.com
– Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Sintang, Florensius Ronny menjelaskan penggunaan Alokasi Dana Desa atau ADD selama pandemi corona virus desease yang melanda dunia, termasuk Indonesia. Pandemi membuat alokasi ADD terkuras untuk penanganan pandemi covid 19, termasuk juga memberikan Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT DD).

“Pandemi corona virus disease atau covid 19 yang terjadi lebih dari dua tahun terakhir, tak hanya membuat Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kabupaten Sintang mengalami penurunan. Pendemi covid 19 juga berdampak pada Anggaran Dana Desa (ADD) yang hanya tersisa sedikit saja untuk pembangunan. Karena ada keharusan memberikan bantuan sosial (bansos) maupun untuk penanganan covid 19 melalui ADD tersebut.” Kata Florensius Ronny.

Hal itu disampaikan Florensius Ronny saat Dialog Forum Kalbar yang diselanggarakan TVRI Kalbar di Pontianak belum lama ini dengan tema Infrastruktur Sintang Masih Tertinggal. Ia mengatakan semenjak covid 19, anggaran dana desa (ADD) sesuai dengan keputusan Menteri Keuangan 40 persennya wajib untuk Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT DD) ke masyarakat. Selanjutnya sebesar 20 persen untuk ketahanan pangan. Kemudian 8 persen untuk penanggulangan covid 19. Jadi, totalnya ADD yang udah teralokasi sebesar 68 persen.

“Artinya hanya tersisa 32 persen dari ADD yang bisa digunakan pihak desa. Itu juga jumlahnya pas-pasan untuk gaji, tunjangan maupun perjalanan dinas desa. Baik itu perjalanan dinas ke kabupaten maupun keperluan lainnya. Makanyaapabila kita melihat dan mengacu pada juklak juknis terkait hal ini, tentu tidak banyak harapan yang bisa kita capai ketika ada bencana covid 19 seperti ini,” katanya.

Oleh karena itu, seiiring covid-19 yang telah melandai, Roni berharap aturan tersebut cepat dicabut. Agar penggunaan ADD bisa seperti sebelumya.

 

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Ini Alokasi ADD Selama Pandemi

Iklan