Iklan

Harapkan Pembaikan Jalan Serawai Ambalau

Kamis, 02 Juni 2022 | 00.21 WIB Last Updated 2022-08-07T10:20:43Z


Mega-Berita.com
– Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Sintang, Rudy Andryas berharap berharap pemerintah Kabupaten Sintang agar memperhatikan penyediaan infrastruktur jalan hingga daerah pedalaman. Khususnya daerah pemilihannya yakni Serawai Ambalau.

“Penyediaan infrastruktur dasar seperti jalan yang layak masih menjadi pekerjaan rumah yang harus diselesaikan oleh pemerintah Kabupaten Sintang. Salah satunya di wilayah Kecamatan Serawai dan Kecamatan Ambalau,” katanya.

Rudy menyatakan, dirinya memahami pemerintah mengalami keterbatasan dana. Apalagi dua tahun ini anggaran mengalami penurunan karena tersedot untuk penanganan corona. Bahkan dana desa juga dialokasikan sekian persen untuk mengatasi pandemi. Oleh karena itu dengan melandainya kasus corona di Indonesia termasuk Sintang, semoga anggaran pemerintah membaik sehingga pembangunan menggeliat lagi. Dan jalan-jalan kembali dibangun hingga pedalaman.

“Harapan kita pembangunan bisa menjangkau hingga pedalaman. Kita tidak menuntut jalan harus diaspal, bisa fungsional saja kita sangat bersyukur sekali. Mengingat sebagian besar desa-desa di Serawai-Ambalau memang ndak bisa dijangkau lewat jalan darat, memang ada jalan daratnya tapi rusak parah” katanya.

Karena akses jalan darat belum semuanya terhubung ke desa-desa pedalaman Serawai-Ambalau, kata Rudy, maka transportasi yang diandalkan adalah jalur sungai. Konsekuensi dari penggunaan jalur sungai, kata mantan striker Persista Sintang ini, tentu saja biayanya sangat mahal.

“Kita tidak ada pilihan ketika jalan darat rusak parah dan tidak bisa dilalui. Mau tidak mau harus lewat jalur sungai karena akses jalan darat rusak bahkan tidak ada sama sekali. Jenis alat transportasi yang digunakan itu bisa longboat, speedboat atau motor bandong. Konsekuensi lewat jalur sungai kita semua sudah tahu, biayanya sudah pasti sangat besar. Dan dondisi ini sudah berlangsung lama, bahkan dari dulu hingga sekarang jalur sungai masih jadi andalan masyarakat untuk mobilitas dari suatu tempat ke daerah lain,” ucapnya.

“Kita tidak pernah berhenti berharap agar jalan Serawai-Ambalau jadi perhatian pemerintah untuk diperbaiki. Sehingga layak dan lancar dilewati untuk aktivitas sehari-hari,” harapnya.

 

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Harapkan Pembaikan Jalan Serawai Ambalau

Iklan