Iklan

Bahas Keluhan Petani Plasma

Selasa, 31 Mei 2022 | 17.14 WIB Last Updated 2022-08-07T10:20:43Z


Mega-Berita.com
– Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Sintang) melaksanakan Rapat Kerja membahas keluhan petani plasma. Rapat yang dihadiri Ketua DPRD Sintang, Komisi D DPRD Senin 23 Mei 2022 berlangsung di Ruang Rapat Paripurna Gedung DPRD Sintang.

Turut hadir Tim Pembina Pembangunan Perkebunan Kabupaten ( TP3K ) Kabupaten Sintang , Badan Pertanahan Nasional ( BPN ) Kabupaten Sintang , Dinas Perindustrian , Perdagangan , Koperasi - UKM Kabupaten Sintang , PT . Hartono Plantation Indonesia ( HPI ) GROUP , Camat Ketungau Hilir , Camat Ketungau Tengah , Kapolsek Ketungau Hilir , Kapolsek Ketungau Tengah , Kepala Desa Tirta Karya , Kepala Desa Mungguk Lawang , Kepala Desa Pampang Luah , Kepala Desa Mungguk Kelapa , Kepala Desa Sungai Mali , Kepala Desa Sungai Maung , Ketua Koperasi Bina Tani Sejahtera ( BTS ) , Ketua Koperasi Bina Tani Mandiri ( BTM ) , dan Bank Mandiri

Ketua Komisi D DPRD Sintang, Zulherman memimpin rapat kerja lanjutan membahas keluhan petani plasma dari Kecamatan Ketungau Tengah dan Kecamatan Ketungau Hilir. Petani plasma tersebut tergabung dalam Koperasi Bina Tani Sejahtera (BTS) dan Koperasi Bina Tani Mandiri (BTM) yang bermitra dengan PT Buana Hijau Abadi (PT BHA 2) dari Hartono Plantation Indonesia (HPI Grup).

Dikesempatan tersebut, dihadirkan perwakilan Bank Mandiri dari Jakarta yang mengelola semua plasma di seluruh Indonesia termasuk kredit Koperasi Bina Tani Sejahtera (BTS) dan Koperasi Bina Tani Mandiri (BTM). “Hari ini kita mendengarkan keterangan-keterangan maupun data dari Bank Mandiri,” Kata Zulherman.

Perwakilan pihak perbankan yang ditunjuk kemudian menjelaskan tentang jumlah lahan plasma yang diagunkan ke bank serta besaran kredit yang harus dan sudah dibayar oleh koperasi. Penjelasan pihak bank kemudian ditanggapi oleh koperasi BTS dan BTM.

Rapat kerja tersebut berjalan alot. Karena banyak pertanyaan dilontarkan petani plasma pada pihak bank terkait ketidaksesuaian data. Terutama terkait dengan data yang dimiliki petani plasma dengan pihak bank.

 

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Bahas Keluhan Petani Plasma

Trending Now

Iklan