Iklan

Tiba Tiba Robohnya Bangunan Kantor MAL Pelayanan Publik Bumi Senentang diduga pekerjaan Asal Asalan

mega-berita.com
Jumat, 17 Mei 2024 | 09.44 WIB Last Updated 2024-05-17T02:44:55Z

Mega-Berita.com   Sintang, Kalimantan Barat - Bangunan Kantor MAL Pelayanan Publik Bumi Senetang di jalan Patimura (Samping Kantor Bupati Sintang), kabupaten Sintang, Kalimantan Barat, tak ada gempa bumi tiba-tiba Roboh, peristiwa ini terjadi pada Kamis, 16/5/2025 diperkirakan sekitar Pukul 17.00 wiba.

Diketahui oleh masyarakat Sintang bahwa Bangunan yang roboh tersebut adalah anggaran APBD Sintang tahun Anggaran 2023 dan baru beberapa bulan diresmikan oleh Bupati Sintang untuk diaktifkan sebagai Kantor MAL Pelayanan Publik Bumi Senetang.

Seorang warga yang sempat memvideokan puing-puing bangunan yang roboh tersebut di dalam videonya mengatakan bahwa bangunan yang roboh tersebut diduga kontruksi abal-abal dan mengatakan harus ada pemeriksaan kepada kontraktor pelaksana, konsultan perencana dan konsultan pengawas juga kepada PPK PPTK proyek tersebut.

Saat diwawancara langsung oleh media, warga tersebut mengatakan,

“Bangunan yang roboh ini menimbulkan pertanyaan yang besar, apakah pihak perencanaan membuat ancangan kontruksi itu asal jadi?, apakah pihak kontraktor dan konsultan Pengawas termasuk PPK dan PPTK bertanggungjawab penuh dengan pekerjaan kontruksi yang roboh ini,  pekerjaan ini terkesan dikerjakan asal jadi supaya cepat diresmikan oleh Bupati Sintang tanpa memperhitungkan kekuatan?” nilai warga yang tak mau namanya dipublikasikan supaya dirinya tidak terkenal.

Warga tersebut juga mengatakan bahwa peristiwa robohnya bangunan yang baru diresmikan. Oleh Bupati Sintang tersebut merupakan salahsatu indikator yang menunjukkan betapa buruknya kinerja Pemkab Sintang dalam pengawasan proyek yang mengunakan uang negara.

“Robohnya bangunan Mal Pelayan Publik itu merupakan salahsatu indikator untuk menilai betapa buruknya pengawasan pelaksanaan proyek yang bersumber dari uang negara, namun masih ada untungnya dalam peristiwa ini, tidak ada manusia yang tertimpa saat itu, tetapi harus diwaspadai bangunan yang masih ada itu mungkin bisa roboh juga,” kata warga itu dengan keras, seperti memberikan peringatan.

Beberapa saat setelah kejadian runtuhnya bangunan tersebut beberapa pejabat teras Kabupaten Sintang dan Pihak Kepolisian Polres Sintang bersama masyarakat Sintang memenuhi TKP (Tempat Kejadian Perkara) masing-masing mengunakan Hp-nya untuk mendokumentasikan puing-puing bangunan yang roboh.

...
BUDI ARDANI

Publish

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Tiba Tiba Robohnya Bangunan Kantor MAL Pelayanan Publik Bumi Senentang diduga pekerjaan Asal Asalan

Iklan