Iklan

FKUB KAB. KAPUAS HULU KALBAR CEGAH HOAX DI PEMILU 2024

mega-berita.com
Jumat, 04 Agustus 2023 | 12.46 WIB Last Updated 2023-08-04T05:46:19Z
Mega-Berita.com   Dalam upaya mewujudkan PEMILU (Pemilihan Langsung Umum) Tahun 2024 yang Damai, Jurdil (jujur dan adil) dan berkualitas di Kalbar, I Putu Sudiartha dari FKUB Kapuas Hulu memberikan himbauan dan sosialisasi kepada masyarakat Kabupaten Kapuas Hulu guna menjaga situasi Kamtibmas yang kondusif menjelang Pemilu tahun 2024.

Di harapkan Organisasi/lembaga, Komunitas maupun individu untuk bersama-sama menciptakan ruang digital yang sehat, memberikan edukasi dan sosialisasi untuk mengingatkan seluruh elemen masyarakat agar bijak menggunakan media sosial, menghindari hal-hal yang tidak diinginkan akibat menelan mentah-mentah pemberitaan yang diterima tanpa mengecek atau mencari referensi lain terkait pemberitaan tersebut kemudian meneruskan ke media sosial atau media lainnya. 

“Mari kita bersama mewujudkan Pemilu yang damai dengan mensosialisasikan kepada masyarakat bahwa hoax berbahaya. Ini harus dilakukan karena persoalan ini bukan hanya kewajiban pemerintah saja, melainkan kita semua” pesan Putu

Tips untuk membedakan mana berita benar dan mana berita hoax, salah satu cara membedakan berita benar dan berita hoax, yakni dengan mencari dan melihat situs tepercaya. Biasanya berita hoax tidak ditayangkan di situs tepercaya, melainkan di situs milik perseorangan atau situs buatan. Berita baik hanya akan dikelola dan ditayangkan di situs tepercaya. Tentunya dengan memperhatikan kode etik jurnalistik yang ada. 

"Periksa juga dari mana berita itu berasal. Berita yang terpercaya adalah yang berasal dari organisasi atau institusi resmi contohnya dari Polri, Dinas Informasi dan informatika". Tambah Putu.


(Red)
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • FKUB KAB. KAPUAS HULU KALBAR CEGAH HOAX DI PEMILU 2024

Iklan