Iklan

Pedagang BBM Eceran Di Sintang Kehilangan Sumber Pemasukan

mega-berita.com
Rabu, 12 April 2023 | 08.32 WIB Last Updated 2023-04-12T01:40:16Z
Mega-Berita.com   Desakan ekonomi demi kelangsungan hidup keluarga menjadi penyebab sebagian warga di Sintang Kalimantan Barat berprofesi sebagai penjual BBM eceran.

Seperti yang terlihat di kelurahan mekar jaya yang mana merupakan kelurahan paling ujung dari pusat kota sintang, jauh dari tempat - tempat pelayanan umum seperti SPBU nampak jelas kini botol - botol pemilik pedagang BBM eceran yang biasanya berisi Pertalite terlihat kosong.

" Minyak ada bang tanya iwan yang berprofesi sebagai security disalah satu perusahaan sawit, KOSOOONG jawab bang urip pemilik warung ".

" Ngapa kosong bang tanya iwan kembali dengan rasa penasaran, dengn nada yang agak lirih bang urip menjawab di SPBU udah dak bisa isi ken lagi "

" Kok dak bisa lagi bang tanya iwan, katanya ada atensi dari Kapolda baru dak boleh isi ken, jadi petugas SPBU nya dak berani takut kena sanksi", jawab bang urip.

Nampak jelas keluar raut wajah kecewa dari keduanya, baik iwan yang merupakan pelanggan BBM jenis pertalite dan bang urip pemilik warung yang biasa menjual BBM eceran.

Tim media pun coba mengkonfirmasi ke Salah satu SPBU yang ada di Kabupaten Sintang dan berhasil mewawancarai salah seorang manager dan mendapat penjelasan mulai dari awal bulan maret untuk SPBU Kami memang sudah tidak melayani pembelian menggunakan jerigen ( ken ) sampai tiga bulan kedepan mengingat ada atensi  dari program prioritas dalam 100 hari kerja Brigjen Pol Pipit Rismanto yang merupakan Kapolda Kal - Bar yang baru.

Melihat dari fakta yang terjadi, pemerintah Kabupaten maupun Provinsi Kal - Bar perlu segera mengambil keputusan, mengingat dengan luas sekitar 146.807 km2 atau 7,53 persen dari luas Indonesia atau 1,13 kali luas pulau Jawa, membentang lurus dari Utara ke Selatan sepanjang lebih dari 600 km dan sekitar 850 km dari Barat ke Timur.

Tentulah dalam persolan pendistribusian BBM bukan menjadi hal yang mudah dan mampu ditanggulangi sepenuhnya oleh pihak PERTAMINA, Topografi Secara umum, daratan Kalimantan Barat merupakan dataran rendah dan mempunyai ratusan sungai. 

Kalimantan Barat termasuk salah satu daerah yang dijuluki Provinsi Seribu Sungai, Julukan ini selaras dengan kondisi geografis yang mempunyai ratusan sungai besar dan kecil, beberapa sungai besar sampai saat ini masih merupakan urat nadi dan jalur utama untuk angkutan daerah pedalaman, walaupun prasarana jalan darat telah dapat menjangkau sebagian besar kecamatan.

Ck
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Pedagang BBM Eceran Di Sintang Kehilangan Sumber Pemasukan

Iklan