Iklan

DPRD Sintang Hadir Langsung Membuka Gawai Dayak ke XIV Tahun 2024 Desa Engsabang Sintang

mega-berita.com
Kamis, 20 Juni 2024 | 18.03 WIB Last Updated 2024-06-20T11:03:47Z

Mega-Berita.com   Sintang, Kalbar - Wujud syukur atas Pesta Panen Padi Gawai Dayak merupakan sebuah kekayaan budaya yang tentunya harus dilestarikan. Kegiatan budaya tersebut sudah diwariskan nenek moyang secara turun - menurun.

Pembangunan di bidang budaya merupakan wujud penguatan jati diri bangsa, menciptakan bangsa yang kuat dengan didasari rasa kebangsaan dan nasionalisme.

"Betungkat Ke Adat Basa Bepegai Ke Pengatur Pekara" Dengan Tema "Menjunjung Tinggi Adat dan Budaya" Pembukaan Gawai Dayak ke XIV Tahun 2024 diawali dengan Tari Amon SMAN Sintang dan Tunas Pas dari SDN. 06 Engsabang.

Laporan Ketua Panitia pelaksanaan kegiatan Gawai Dayak yang ke XIV Tahun 2024 menyampaikan, “Gawai Dayak Desa Engsabang tahun 2024 dengan Tema "Menjunjung Tinggi Adat dan Budaya" ini bersyukur bisa datang berkumpul nya keluarga dari jauh dan ini merupakan kegiatan gawai yang ke XIV kalinya yang diselenggarakan setiap tahunnya berjalan dengan lancar," terang Aten.

Ketua Adat Timan menyampaikan, Gawai hampir tiap tahun dilaksanakan sebagai ucap syukur kepada Tuhan Yang Maha Kuasa atas diberikan berkah panen padi di Desa nya serta bersama - sama menjaga tradisi leluhur adat dan budaya.

Sambutan Polindia Kades Engsabang pada kesempatan Gawai Dayak diselenggarakan setiap tahun dengan berbagai rangkaian seperti kegiatan tradisi adat, talenta anak yang berbakat dalam berbagai bidang seni, selanjutnya harapan kepada pemerintah dapat menunjang pembangunan insfratruktur desa, pendidikan dan bersinergi diberbagai bidang kemasyarakatan. Pada tahun 2024 menjadi desa berkembang dan 2025 menjadi desa maju”, harapnya.

Anggota DPRD Kabupaten Sintang, Niko Dimus, S.H dan rombongan yang menghadiri pembukaan Pekan Gawai Dayak ke XIV Tahuan 2024 Desa Engsabang, Kecamatan Sepauk, Kabupaten Sintang, Kamis (20/6/2024).

Turut Hadir dalam kegiatan Gawai Dayak Desa Engsabang yang ke XIV Tahun 2024, Anggota DPRD Sintang, Forkopimcam Sepauk, Kapala Desa Engsabang, Kepala Desa Tanjung Prada, Kades Sungai Kapuas, Bhabinsa Engsabang, Ketua Adat, Tokoh Agama serta Tokoh masyarakat Engsabang.

Kata Sambutan Niko mengucapkan selamat dan sukses atas terselenggaranya Gawai Dayak Ke XIV Tahun 2024 Desa Engsabang Kabupaten Sintang.

“Saya mengapresiasi Pembukaan Gawai Dayak Ke XIV 2024 ini, yang dimana Panitia telah mempersiapkan dan menjalankan rangkaian acara yang meriah dengan menampilkan kekayaan Budaya Gawai Dayak,” kata Niko.

Ia mengatakan, kegiatan tradisi seperti Gawai Dayak ini tentunya harus di jaga untuk terus dilestarikan, terutama adat kebudayaan dayak ini, sebagai warisan leluhur kepada generasi yang akan datang.

“Sebagai orang Dayak kita selalu bersyukur atas berkah Tuhan YME dan siap mendukung setiap kegiatan budaya yang menjadi kekayaan daerah khususnya Kabupaten Sintang, yang mana hal ini untuk tetap lestarikan adat budaya warisan leluhur yang juga tentunya mampu meningkatkan perekonomian dan budaya wilayah setempat,” terangnya.

Sambung nya, Kalimantan sebentar lagi menjadi Ibu Kota Negara menuju Indonesia Emas 2045 selangkah lagi menanti keputusan Kepres, Kalimantan sebentar lagi menjadi Pusat pemerintahan bersama mempersiapkan diri dalam membangun segala bidang khusunya perekonomian, pendidikan dan Sumber Daya Manusia lebih baik," tutupnya.


...
BUDI ARDANI

Publish

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • DPRD Sintang Hadir Langsung Membuka Gawai Dayak ke XIV Tahun 2024 Desa Engsabang Sintang

Iklan