Iklan

Warga Tambun Bekasi Manfaatkan Tanah Fasos dan Fasum,Hasilkan Ikan Buah dan Sayuran

mega-berita.com
Minggu, 13 November 2022 | 20.31 WIB Last Updated 2022-11-13T13:31:37Z
Mega-Berita.com   Bekasi, – Apresiasi patut kita berikan kepada Warga perum Bekasi Griya Asri 2 RW 039 Desa Sumber Jaya Kecamatan Tambun Selatan Bekasi Jawa Barat, 13/11/2022


Dimana warga secara bersama-sama memanfaatkan lahan fasilitas sosial dan fasilitas umum (fasos/fasum) untuk tujuan penataan ruang guna menciptakan keseimbangan agar memberikan dampak positif dan bermanfaat sesuai dengan pemanfaatan secara proporsional. 

Berdasarkan Undang-Undang Nomor 1 Tahun 2011 tentang Perumahan dan permukiman pada pasal 3 dijelaskan bahwa pengembang wajib menyediakan 40 persen sarana dan prasarana untuk fasos/fasum,

Menurut Aria budi Mantan Lurah Harapan Jaya Bekasi dirinya berinisiatif membentuk sekaligus menjadi ketua kelompok tani Kampoeng hayati, kini memiliki sebanyak 10 orang anggota.

Atas dasar UU dan peraturan pemerintah tersebut lah dirinya beserta kelompok tani Kampoeng Hayati dan warga setempat memanfaatkan fasum/fasos yang ada di lingkungan perum Bekasi Griya Asri 2.

“Penggunaan lahan fasos/fasum guna memanfatkan untuk melakukan pelestarian lingkungan hidup, baik di perkotaan maupun pedesaan”, tambahnya.

Dirinya juga mengatakan bahwa sekitar 500 meter persegi luas wilayah tanah fasos/fasum yang ada, di manfaatkan kelompok tani nya untuk menanam berbagai jenis sayuran seperti kangkung bayam singkong cabe jagung jahe.

Di atas lahan tersebut juga di gunakan untuk berternak ayam Birma sebanyak 20 ekor dan sudah bertelur serta memiliki kolam ikan lele sebanyak 2000 ekor dan ikan nila sebanyak 1500 ekor.tuturnya kepada awak media via pesan singkat WhatsApp.


Hari ini kita juga mendapat kunjungan dari Sekjen HKTI Kabupaten Bekasi Jawa barat IBU YULI PURWATI yang secara simbolis dan perdana melakukan panen jagung, ungkapnya.

Selain untuk melakukan panen perdana kunjungan beliau juga guna memberikan bantuan untuk pembangunan gedung serba guna di RW 039 Desa Sumber jaya Kec Tambun Selatan Jawa Barat yang telah rusak.

Kegiatan panen perdana serta pemberian bantuan untuk pembangunan gedung serba guna tersebut juga di hadiri oleh ketua RT/RW dan tokoh masyarakat,tutupnya.

Cecep Kamaruddin
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Warga Tambun Bekasi Manfaatkan Tanah Fasos dan Fasum,Hasilkan Ikan Buah dan Sayuran

Iklan