Iklan

Kok HGU Lebih Besar dari GRTT?

Rabu, 01 Juni 2022 | 23.21 WIB Last Updated 2022-08-07T10:20:43Z


Mega-Berita.com
- Wakil Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Sintang, Heri Jambri mengungkapkan bahwa ada selisih 500-an hektar, dimana Hak Guna Usaha (HGU) lebih besar dari lahan yang sudah ganti rugi tanam tumbuh (GRTT) di PT Buana Hijau Abadi (PT BHA 2) dari grup Hartono Plantation Indonesia (HPI Group).

Ia kemudian mempertanyakan masalah tersebut saat rapat kerja Komisi D DPRD Sintang membahas permasalahan petani plasma di Ketungau Tengah dan Ketungau Hilir dengan PT Buana Hijau Abadi (PT BHA 2) dari grup Hartono Plantation Indonesia (HPI Group).

“Kenapa bisa HGU bisa lebih besar dari GRTT yang sudah dibeli oleh pihak perusahaan. Kondisi ini, tentu saja berpengaruh dengan pembagian plasma. Mengingat pola kemitraan yang disepakati adalah 80:20. Saya menilai, dalam hal ini ada ketidakjujuran manajemen kebun dengan petani plasma. Ditambah lagi, pihak perusahaan tidak memberikan lahan plasma yang produktif. Plasma justru di lahan yang tidak terurus,” katanya.

Ia mengatakan, jika masyarakat diberikan lahan plasma dengan kondisinya tidak produktif tentu akan sulit untuk mencapai yang namanya sejahtera. Sementara di sisi lain lahan pihak perusahaan subur-subur. Milik petani plasma malah lahan yang tidak menghasilkan.

“Ini diperparah lagi, sudahlah plasma tidak subur dan kurang dirawat, petani setiap bulannya harus membayar angsuran kredit ke bank. Nah, inilah menurut kami ada sesuatu yang harus kita selesaikan. Dengan adanya kondisi tersebut, pemerintah Kabupaten Sintang sebagai pembina perkebunan turun tangan,” tegasnya.

Kata Heri Jambri,Kalau memang suatu perusahaan perkebunan itu tidak berprestasi dan tidak mensejahterakan masyarakat sesuai dengan komitmen awal, pemerintah harus cabut izinnya.

Heri Jambri juga mengungkapkan adanya perbadaan data. Data yang didapat dari Bidang Perkebunan berbeda dengan yang disampaikan oleh pihak koperasi dan masyarakat. “Untuk itu kita harus pakai data yang riil,” tegas Heri Jambri.

 

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Kok HGU Lebih Besar dari GRTT?

Trending Now

Iklan