Iklan

FOLU Net Sink Tahun 2030, UPT KPH Wilayah Sintang Utara, Bagikan 21.000 Batang Bibit Produktif Untuk Penghijauan Lingkungan

mega-berita.com
Rabu, 13 Desember 2023 | 16.46 WIB Last Updated 2023-12-13T09:46:56Z
Mega-Berita.com   Sintang, - Dalam rangka pemulihan hutan dan lahan sebagai upaya mendukung FOLU Net Sink Tahun 2030, UPT KPH Wilayah Sintang Utara Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan Provinsi Kalimantan Barat, melaksanakan kegiatan Hari Menanam Pohon Indonesia (HMPI) pada hari Kamis tanggal 07 Desember 2023

Bertempat di SMA Negeri 1 Ketungau Hilir Desa Beloh Mulyo Kecamatan Ketungau Hilir Kabupaten Sintang kegiatan yang dilaksanakan UPT KPH Wilayah Sintang Timur tersebut dihadiri langsung oleh Bupati Sintang bersama sejumlah Organisasi Perangkat Daerah (Distanbun, DLH, Diknas, Dinas Kesehatan dan Satpol PP),bPemerintah Kabupaten Sintang.


Turut hadir Organisasi Perangkat Daerah Pemerintah Provinsi Kalimantan Barat (DLHK, Diknas, KPH Sintang Timur, KPH Melawi dan KPH Sekadau), UPT. KLHK ( TN BBBR, Manggala Agni ), Unsur TNI ( Danramil Ketungau Hilir ), Polri ( Kapolsek Ketungau Hilir ), Unsur swasta ( Finnantara Intiga ), Organisasi profesi sosial dan penggiat lingkungan ( RainForest Alliance, Kalfor, WWF, Solidaridad dan Ikahut Sintang ), unsur swasta, unsur Kepala Desa, unsur sekolahan serta  tokoh agama, tokoh adat dan tokoh masyarakat.

Sebelum acara Kegiatan Hari Menanam Pohon Indonesia (HMPI) Tahun 2023 ini, pada interval bulan September  s/d November 2023, UPT KPH Wilayah Sintang Utara telah membagikan 21.000 batang bibit produktif untuk penghijauan Lingkungan  kepada kepada instansi pemerintah, TNI dan Polri, organisasi masyarakat, sekolah, desa-desa serta kelompok masyarakat dengan jenis tanaman produktif yaitu  Durian, Mangga, Jambu, Apokat, Kelengkeng, Sirsak, Nangka, Petai, Pinang dan Kopi.

M. Ari Susandi, S.Hut  selaku Kepala UPT KPH Wilayah Sintang Utara dalam sambutannya menyatakan bahwa penanaman pohon bersama dilakukan untuk meningkatkan kebiasaan gemar menanam untuk mengantisipasi perubahan iklim, pemanasan global dan bencana banjir dan tanah longsor yang di akibatkan oleh berkurangnya tutupan lahan seperti yang kita rasakan beberapa waktu belakangan ini.

Bupati Sintang, dr. H. Jarot Winarno, M.Med.PH, mengapresiasi pihak UPT KPH Wilayah Sintang Utara dalam mendukung kegiatan penghijauan yang dilaksanakan di  Bumi Senentang. Pada Sambutannya, Bupati Sintang berpesan untuk terus menjaga lingkungan, alam, dan semesta, "kalau kita menjaga semesta, maka semesta akan menjaga kita.

"  jagalah alam dan tanah kita, tidak boleh menebang pohon, pohon dilindungi, dijaga agar subur dan hijau "

Diberbagai tempat saya juga menyampaikan pesan jika ada yang menebang 1 pohon, maka harus menggantikan 10 pohon", pesan Bupati Sintang.


Pada kegiatan ini, Bupati Sintang, dr. H. Jarot Winarno, M.Med.PH, juga melakukan penyerahan bibit secara simbolis kepada Unsur TNI, POLRI, Kepala Desa, Kepala Sekolah, dan unsur Organisasi Profesi dan Pemerhati Lingkungan (Ikahut Sintang) mewakili para pihak yang telah menerima bibit dari UPT KPH Sintang Utara.

Pada kesempatan ini juga di perkenalkan Aplikasi SIPOHON Kalbar (Sistem Informasi dan Pendataan Pohon Kalbar) yang merupakan Aplikasi yang berfungsi untuk melakukan pendataan pohon-pohon yang di Kalimantan Barat terutama diwilayah perkotaan. Aplikasi SIPOHON Kalbar ini dikelola oleh Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan Provinsi Kalimantan Barat.

Acara di tutup dengan penanaman pohon bersama yang langsung di pimpin oleh Bupati sintang yang dikuti oleh seluruh peserta Kegiatan Hari Menanam Pohon Indonesia (HMPI) Tahun 2023.

“ Hutan Dan Pohon Adalah Karunia Tuhan, Sebagai Sumber Kekayaan Alam Yang Memberikan Manfaat Bagi Umat Manusia Sepanjang Masa "

Sumber : UPT KPH Sintang Timur
Editor : Ck
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • FOLU Net Sink Tahun 2030, UPT KPH Wilayah Sintang Utara, Bagikan 21.000 Batang Bibit Produktif Untuk Penghijauan Lingkungan

Iklan