Iklan

LPM KARANG PERTANYAKAN PENYERAPAN ANGGARAN DAU DAN DAK SINTANG TA 2023 BELUM BERJALAN, ADA APA ?

mega-berita.com
Selasa, 23 Mei 2023 | 18.19 WIB Last Updated 2023-07-02T06:53:49Z
Mega-Berita.com   Sintang, - Lembaga Pengembangan Masyarakat Karya Anak Bangsa ( LPM KARANG ) mempertanyakan realisasi pembangunan yang bersumber APBN/D di Kabupaten Sintang dalam pelaksanaannya yaitu penyerapan anggaran yang tidak merata dan selalu menumpuk di akhir tahun. 

Ada apa sebenarnya, apakah ada permasalahan ataukah ada kendala sehingga kegiatan yang memasuki triwulan ke 2 tahun anggaran 2023 yang bersumber DAU dan DAK dari beberapa SKPD belum juga terlaksana. 

Menurut Hafidin akhir tahun anggaran juga selalu menjadi momok bagi Satker selaku kuasa pengguna anggaran untuk merealisasikan belanjanya, begitupula hal yang sama saat melakukan pencairan dana maupun pengesahan belanja UP dari SPP/SPM yang diajukan oleh Satker.

Idealnya realisasi belanja/penyerapan anggaran harusnya merata dan proporsional sepanjang tahun anggaran, dengan realisasi belanja yang merata dan proporsional akan mendorong keterwujudan peran belanja pemerintah sebagai countercyclical perekonomian, jelasnya. 

Persoalan tersebut seharusnya menjadi perhatian BAPEDDA dan INSPEKTORAT Kabupaten Sintang, Kenapa hal ini bisa terjadi kenapa setiap tahun itu penyerapan anggaran harus menunggu dan baru bisa dilaksanakan masuk semester ke 3 dan semester ke 4, apakah terjadi blokir anggaran khususnya automatic adjustment yang mengakibatkan beberpa kegiatan belum dapat dilaksanakandilaksanakan, Ungkapnya. 

Kondisi tersebut tentunya sangat tidak menguntungkan, karena sesungguhnya APBN/D sebagai shock absorber di tengah peningkatan dampak risiko global diharapkan dapat menjadi stimulus pertumbuhan ekonomi, melalui belanja negara maupun daerah adalah upaya untuk menjangkau melindungi serta mendorong ekonomi seluruh masyarakat, Tutupnya. 


(Ck)
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • LPM KARANG PERTANYAKAN PENYERAPAN ANGGARAN DAU DAN DAK SINTANG TA 2023 BELUM BERJALAN, ADA APA ?

Iklan