Iklan

DINAS PERHUBUNGAN KABUPATEN SINTANG LAKUKAN SOSILAISASI DAN PENYERAHAN DOKUMEN KAPAL

mega-berita.com
Rabu, 28 Desember 2022 | 18.36 WIB Last Updated 2022-12-28T11:36:26Z
Mega-Berita.com   Dinas Perhubungan Kabupaten Sintang mengadakan sosialisasi pelayanan dokumen dan pembuatan SIM Kapal kepada komunitas tambang alkon 2 PK ( GT 7 Ton kebawah ) di Dermaga Sungai Durian (28/12/2022).

Hadir dalam kegiatan tersebut Kepala dinas Perhubungan,perwakilan dari Polair Polres Sintang,perwakilan dari PT. Jasa Raharja, Kabid/ Kasi dan staf fungsional Bidang Pehubungan SDP.


Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Sintang Florensius Kaha, S.Pd, M.si dalam sambutannya mengatakan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk memberikan kesadaran dan pemahaman kepada para penambang dan semua pemilik motor air / spied agar lebih aktip melaksanakan kewajiban dalam hal pembuatan dokumen dan SIM Kapal.

Lebih lanjut Kaha mengucapkan terima kasih kepada komunitas Spied Alkon yang telah menjadi mitra Dinas Perhubungan Kabupaten Sintang selama ini,serta dengan penuh kesadaran mau melengkapi dokumen dan melakukannya pembuatan SIM Kapal GT 7 Ton Kebawah.


yang hari ini secara simbolis telah kita laksanakan penyerahan dokumen kepemilikan kapal dan pembuatan sim, dengan harapan momen ini akan menjadi motifasi bagi semua pemilik kapal motor/ spied yang ada di Kabupaten Sintang, ungkapnya.

Dalam kesempatan terpisah Zulfian, S.Ag, M.Si Kabid Perhubungan Sungai Danau dan Penyeberangan mengatakan, dipandang perlu memaksimalkan sosialisasi dan memberikan pemahaman kepada pemilik motor air/ spied karena mengingat selama ini kepedulian masyarakat terhadap kewajiban dokumen dan SIM Kapal masih belum maksimal.

Zulfian juga menambahkan, Dinas Perhubungan Kabupaten Sintang melalui Bidang Perhubungan Sungai, Danau dan Penyeberangan akan lebih meningkatkan sosilisasi dan mengadakan pelayanan terkait Dokumen Kapal dan pembuatan Sim Kapal yang ada di perairan Sungai Kabupaten Sintang.


Oleh karena itu kami berinisiatif kedepannya akan jemput bola, nantinya akan lebih besinergi dengan pihak terkait seperti Polair Polres, PT Jasaraharja Sintang, sehingga bisa terealisasi target pelayanan dokumen kapal dengan tujuan masyarakat pemilik kapal motor/ spied penumpang dan barang akan lebih tenang dalam melaksanakan perjalanan dikarenakan dokumennya sudah lengkaplengkap, terangnya.

Lebih lanjut Zulfian mengatakan, Kepemilikan dokumen kapal ini sangat banyak sekali manfaatnya bagi masyarakat memiliki transportasi air, Salah satunya kapal yang mereka miliki sudah mempunyai dokumen yang lengkap tentang status kepemilikan kapal.

Dengan kata lain, kapalnya sudah bukan kapal illegal, sehingga begitu ada razia sudah bisa tenang dan nyaman dalam melakukan perjalanan, tegas Zulfian


Disamping penyerahan dokumen kapal secara simbolis, juga dilaksanakan penyerahan Subsidi berupa Bantuan Langsung Tunai (BLT ) bidang tranfortasi kepada 29 orang penambang alkon, 5 pemilik motor penumpang antar desa/ Kecamatan sungai dan 12 pemilik/ sopir oplet yang ada di Sintang.

Cecep Kamaruddin
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • DINAS PERHUBUNGAN KABUPATEN SINTANG LAKUKAN SOSILAISASI DAN PENYERAHAN DOKUMEN KAPAL

Iklan