Iklan

Perusahaan Harus Bantu Perbaikan Jalan Rusak

Kamis, 16 Juni 2022 | 15.15 WIB Last Updated 2022-08-07T10:20:43Z


Mega-Berita.Com
– Tidak bisa dipungkiri bahwa hadirnya perusahaan perkebuna kelapa sawit berkontribusi pada kerusakan jalan. Apalagi sebagian besar jalan di Kabupaten Sintang yang masih rusak tentunya semakin parah ketika dilewati kendaraan angkutan berat.

Oleh karena itu, kalangan legislatif selalu meminta perusahaan memperbaiki jalan, minilam di areal tempatnya berinvestasi. Mengingat jalan sangat penting bagi masyarakat. Ketika jalan rusak semua sektor akan terganggu.

Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Sintang, Rudy Andryas mengatakan meski pembangunan infrastruktur termasuk perbaikan jalan merupakan kewenangan pemerintah daerah, pemerintah provinsi mapun pemerintah pusat, namun perusahaan yang berinvestasi di Kabupaten Sintang tetap harus peduli. Karena akses jalan tersebut juga dilewati dan digunakan untuk kepentingan perusahaan. Baik itu untuk transportasi orang maupun mobilisasi truk angkutan sawit.

Makanya, kara Rudy, perusahaan harus ikut berperan membantu perbaikan jalan. Karena mereka mendapatkan manfaat dengan adanya jalan-jalan tersebut. Lagipula, apabila perbaikan inftrastruktur jalan hanya dibebankan pada pemerintah tentu tidak akan mampu.

“Mengingat anggaran pemerintah terbatas. Ditambah lagi, selama dua tahun terakhir anggaran banyak tersedot untuk penanganan Corona, di sinilah perlunya peran pihak swasta untuk membantu pemerintah dalam menangani kerusakan jalan, khususnya di tempatnya berinvestasi. Jangan sampai mau untungnya saja tapi tidak mau memperbaiki jalan rusak,” tegasnya.

Untuk di Kecamatan Serawai dan Kecamatan Ambalau, kata Andreas memang besar sekali harapan masyarakat, keberadaan perusahaan di suatu daerah bisa membantu pembangunan infrastruktur, salah satunya perbaikan jalan. Beruntung, selama ini, perusahaan perkebunan kepala sawit sudah membantu perbaikan infrastruktur jalan di Serawai-Ambalau. Kedepan kita harapkan kepedulian itu ditingkatkan dan lebih maksimal. Karena banyak akses jalan yang perlu perbaikan.

Selain jalan provinsi menuju Nanga Serawai yang rusak dan perlu perbaikan, akses ke desa-desa menuju pedalaman juga mendesak ditangani. “Mohon pada perusahaan bisa ikut membantu,” harapnya lagi.

 

 

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Perusahaan Harus Bantu Perbaikan Jalan Rusak

Iklan