Iklan

Pembinaan Sepakbola Belum Maksimal

Sabtu, 04 Juni 2022 | 01.13 WIB Last Updated 2022-08-07T10:20:43Z


Mega-Berita.com
–Sebagai olahraga rakyat yang jadi kebanggaan masyarakat Kabupaten Sintang karena menorehkan banyak prestasi di Kalimantan Barat hingga tingkat nasional, kini cabang olahraga sepakbola justru menurun. Menurut Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Sintang Rudy Andryas, salah satu penyebab menurunya prestasi sepakbola adalah pembinaan yang belum maksimal.  

“Prestasi sepakbola Kabupaten Sintang saat ini mengalami penurunan. Menurutnya penurunan prestasi sepakbola tersebut disebabkan beberapa faktor. Kita masih melihat bahwa pengurus sepakbola di Sintang belum terlalu eksis. Kemudian pembinaan belum maksimal,” bebernya.

Apa yang disampaikan Rudy bukannya tanpa alasan. Apalagi Rudy talah malang melintang di dunia sepakbola Sintang dengan menjadi striker Persista. Menurutnya, saat ini Jarang sekali kita lihat ada kompetisi yang digelar.

“Baik itu pertandingan sepakbola junior pada umur tertentu maupun kompetisi resmi untuk umum atau senior yang digelar oleh federasi di daerah, jarang sekali. Padahal secara fasilitas Stadion Baning sangat mumpuni apabila dijadikan tempat pertandingan. Lapangannya bagus dan sudah memenuhi standar, serta lokasinya di tengah kota sehingga mudah diakses masyarakat. Untuk fasilitas latihan, di kota Sintang ada beberapa lapangan sepakbola yang bisa digunakan,” katanya.

Selain itu, kata Rudy, hampir semua desa punya lapangan sepakbola. Peminatnya juga sangat banyak. Namun semua itu kembali lagi pada kompetisi resmi yang jarang sekali digelar. Jadi tidak begitu tampak geliat pesepakbolaan akhir-akhir ini,” nilai mantan striker Persista Sintang ini.

“Belum lagi ketika ingin mengikuti suatu kompetisi, persiapan belum maksimal. Seleksi digelar ketika ada event tertentu saja. Sehingga hasilnya juga tidak maksimal. Karena untuk meraih prestasi perlu persiapan matang. Baik itu persiapan fisik dan non fisik. Waktu yang singkat tentu tidak cukup untuk menggembleng fisik, teknik maupun mental pemain,” ucapnya. 

 

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Pembinaan Sepakbola Belum Maksimal

Trending Now

Iklan