Iklan

Harga Pupuk Meroket Dikeluhkan Petani

Sabtu, 18 Juni 2022 | 17.07 WIB Last Updated 2022-08-07T10:20:43Z


Mega-Berita.com
– Selain dihadapkan pada harga tandan buah segar (TBS) yang anjlok, petani di Kabupaten Sintang, Provinsi Kalimantan Barat dihadapkan pada masalah klasik yakni mahalnya harga pupuk. Kondisi ini diperparah dengan pupuk subsidi yang tak pernah nongol di kalangan petani.

Mahalnya harga pupuk di pasaran Kabupaten Sintang disampaikan Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Sintang, Nekodimus. Menurut anggota Fraksi Partai Hanura ini, yang dikeluhkan petani soal harga pupuk mahal sudah berlangsung cukup lama.

“Saya ingin menyampaikan aspirasi petani yang mengeluhkan tingginya harga pupuk di Bumi Senentang. Padahal ketersediaan pupuk yang terjangkau tersebut sangat penting untuk meningkatkan produksi petani. Seluruh petani mengeluhkan harga pupuk yang mahal. Apalagi tahun ini. Mahalnya harga pupuk ini dikeluhkan oleh semua petani baik itu petani karet, petani sawit dan petani lada. Saat ini harga pupuk sekarang tidak seimbang dengan harga-harga hasil pertanian sekarang ini. Jika kondisi ini dibiarkan lama maka petani akan terus merugi.

Saat ini, kata Nekodimus, masyarakat sangat mengharapkan harga pupuk yang terjangkau. Apalagi di tengah kondisi pupuk subsidi susah didapat. Menurtunya, kelangkaan pupuk saat ini terjadi secara nasional. Kelangkaan ini merupakan dampak dari perang Rusia dan Ukraina. Karena bahan pupuk ini kan banyak diimpor dari Rusia, Turki juga. Jadi bahan dasarnya itu masih banyak dari luar.

“Terjadinya resesi ekonomi akibat pengaruh corona, ditambah sekarang sekarang ini proses perang Rusia Ukraina, tentunya sangat berdampak sekali pada banyak produk. Sehingga harga-harga menjadi mahal. Dan ini bukan hanya terjadi pada kita saja tapi seluruh dunia. Dan kita sendiri bahan bakunya terbatas, mau tidak mau harus impor. Karena barang ini impor dari luar, jadi kita harus menyesuaikan harga yang ada. Oleh karena itu, kedepan kita berharap pemerintah pusat mencari solusi atas persoalan ini,” harap Nekodimus.

 

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Harga Pupuk Meroket Dikeluhkan Petani

Trending Now

Iklan