Iklan

Manfaatkan Lahan Eks PETI

Sabtu, 28 Mei 2022 | 22.08 WIB Last Updated 2022-08-07T10:20:43Z


Mega-Berita.com
– Di Kabupaten Sintang banyak sekali lahan eks pertambangan emas tanpa izin (PETI) yang tersebar di 14 kecamatan. Lahan tersebut sebagian besar tidak dimanfaatkan masyarakat karena gersang.

Oleh karena itu, Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Sintang, Florensius Ronny mengajak masyarakat memanfaatkan lahan eks pertambangan emas tanpa izin (PETI) agar lebih produktif. Jika bisa dimanfaatkan dengan baik maka akan berdampak pada ekonomi masyarakat.

“Daerah eks PETI masih bisa dimanfaatkan. Namun tidak semua tanaman bisa ditanam di sana. Tapi ada tanaman yang bisa tumbuh. Nah ini yang musti kita diskusikan. Saya sudah menyampaikan ke Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Sintang termasuk pada Menteri LHK, bahwa masih banyak lahan eks PETI di pelosok desa yang harus ditanami juga. Sudah saya sampaikan bahwa banyak lahan eks PETI di Sintang juga perlu ditanam dengan tanaman produktif, bisa menghasilkan atau menjadi sumber penghasilan. Jika dimanfaatkan dengan baik bisa meningkatkan ekonomi masyarakat,” ucapnya.

Kata Ronny, agar lahan eks PETI bisa produktif, masyarakat melalui kelompok tani memetakan luasan eks tambang PETI. Kemudian kelompok tani membuat usulan penanamanan lahan eks PETI itu yang nantinya akan disampaikan ke Kementerian. Paling tidak, nanti akan ada bantuan bibit-bibit yang bisa ditanam di lahan eks PETI. Paling tidak, kalau ini bisa kita manfaatkan, akan membuat lahan eks PETI menjadi lebih baik. Syukur-syukur lebih produktif dan menghasilkan.

Roni berjanji, melalui partai yang menaungi yakni Nasdem, akan membantu kelompok tani yang berminat mengelola lahan eks PETI agar lebih produktif. Terutama terkait pembuatan akta notaris yang pastinya memerlukan biaya, akan dibantu. Kemudian proposal akan disampaikan ke Kementerian.

“Ayo kita mulai dari sekarang. Kita tidak tahu hasilnya jika tidak mencobanya. Ayo buat usalan, saya siap memfasilitasi,” tegasnya.

 

 

 

 

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Manfaatkan Lahan Eks PETI

Iklan