Iklan

Berharap Kelangkaan Minyak Goreng Tak Terjadi Lagi

Sabtu, 28 Mei 2022 | 22.24 WIB Last Updated 2022-08-07T10:20:43Z


Mega-Berita.com – Meski Indonesia memiliki banyak sekali perkebunan kelapa sawit yang tersebar di banyak provinsi di Indonesia, termasuk Kalimantan Barat. Namun ironisnya Indonesia pernah mengalami kelanggkaan bahkan mahalnya harga minyak goreng. Kondisi ini terjadi cukup lama.

Besar harapan banyak pihak, kelanggaan itu tidak terjadi lagi, mengingat minyak goreng merupakan salah satu kebutuhan utama masyarakat. Oleh karena itu, Wakil Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Sintang, Jeffray Edward meminta agar pengawasan peredaran distribusi minyak goreng benar-benar diperhatikan. Baik oleh instansi terkait maupun aparat penegak hukum.

“Kondisi saat ini dengan Harga Eceran Tertinggi (HET) minyak goreng sudah dilepas oleh pemerintah pusat. Artinya harga minyak goreng murah susah ditemukan. Yang tersedia sekarang adalah minyak goreng premium dengan harga yang cukup mahal. Minyak goreng murah hanya dalam bentuk curah saja,” kata Jeffray.

Dengan adanya kondisi tersebut, politisi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI Perjuangan) meminta instansi terkait dan aparat harus betul-betul ketat mengawasi peredaran minyak goreng di pasaran. Agar kebutuhan-kebutuhan masyarakat akan minyak goreng bisa terpenuhi.

“Pengawasan harus dilakukan dengan baik. Agar suplai tetap stabil dan masyarakat bisa dengan mudah mendapatkannya di pasaran,” tegasnya.

Jeffray juga berharap agar minyak goreng tidak ditimbun, apalagi jika kondisi di lapangan sedang terjadi kelangkaan. “Ini yang harus jadi perhatian pemerintah dalam hal ini instansi terkait dengan aparat agar sama-sama mengawasi. Kalau masyarakat menemukan dugaan penimbunan dan tidak sesuai dengan aturan, lebih baik dilaporkan saja,” imbaunya.

Untuk mengatasi kelanggkaan dan memenuhi kebutuhan pasar, kebijaksanaan para pengusaha juga sangat-sangat diperlukan. Karena jika pengusaha hanya mengejar untuk di tengah kesulitan masyarakat, bisa dipastikan akan ada konsekuensi hukum yang harus dihadapi.

“Berbisnis dan mencari keuntungan sah-sah saja. Tapi jangan sampai memberatkan masyarakat yang sedang susah. Makanya harus ada kebijaksaan,” pungkas Jeffray.

 

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Berharap Kelangkaan Minyak Goreng Tak Terjadi Lagi

Trending Now

Iklan