Iklan

Antisipasi Penularan PMK Harus Cepat dan Tepat

Minggu, 29 Mei 2022 | 22.05 WIB Last Updated 2022-08-07T10:20:43Z


Mega-Berita.com
– Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Sintang, Melkianus meminta pemerintah Kabupaten Sintang melalui instansi terkait dalam hal ini Bidang Peternakan Dinas Pertanian dan Perkebunan Kabupaten Sintang, mewaspadai penularan penyakit mulut dan kuku (PMK) pada hewan ternak yang saat ini sedang menghebohkan masyarakat.

Seperti diketahui, saat ini di sejumlah daerah di Indonesia khususnya pulau Jawa dihebohkan dengan penyakit mulut dan kuku (PMK) pada hewan ternak. Penyakit pada ternak ini membuat resah masyarakat khususnya para peternak, karena berpotensi menimbulkan kematian pada ternak-ternak yang dimaksud.

“Pemerintah melalui dinas terkait harus lah mengambil langkah cepat dan tepat untuk mengatasi PMK. Saya yakin dinas terkait tahu cara mengatasi dan mengantisipasi penularan sehingga ternak di Kabupaten Sintang bebas penyakit mulut dan kuku (PMK),” kata Melkianus.

Anggota dewan yang diajukan menjadi Wakil Bupati Sintang menggantikan Sudiyanto ini menambahkan, dirinya sangat yakin pemerintah sudah mengambil langkah antisipasi. “Tapi kami di DPR tetap mendorong agar pemerintah cepat dan tepat mengatasi hal ini. Supaya masyarakat kita di Kabupaten Sintang tidak terdampak. Dan juga tidak membuat resah masyarakat,” ucap legislator dari dapil Ketungau Hulu, Ketungau Tengah dan Ketungau Hilir ini.

Permintaan agar pemerintah mengantisipasi penyakit mulut dan kuku (PMK) yang disampaikan Melkianus, agar masyarakat tidak was-was mengonsumsi hewan ternak. Dan peternak juga tidak dirugikan.

“Selain itu, perlunya jaminan hewan ternak bebas dari penyakit tersebut agar masyarakat tenang menjelang hari raya kurban yang akan datang. Kita harapakan ternak yang dikurbankan harus betul0betul sehat dari penyakit. Bebas dari penyakit kuku dan mulut. Oleh karena itu, dinas terkait harus memastikan hal ini. Kita sih yakin ternak yang diperiksa dan siap untuk kurban sehat dan bebas penyakit,” ucapnya.

 

 

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Antisipasi Penularan PMK Harus Cepat dan Tepat

Trending Now

Iklan