Iklan

Bupati Sintang Buka FGD Membangun Kolaborasi Pencegahan Konflik Sosial Sejak Dini

mega-berita.com
Rabu, 03 Juli 2024 | 14.38 WIB Last Updated 2024-07-03T07:38:11Z

Mega-Berita.com    Bupati Sintang dr. H. Jarot Winarno membuka pelaksanaan Focus Group Discussion tentang Strategi Pencegahan Konflik Sosial melalui Kolaborasi Deteksi Dini di Pendopo Bupati Sintang pada Rabu, 3 Juli 2024.

Hadir sebagai narasumber pada FGD tersebut adalah Kepala Badan Intelijen Negara Daerah Kalbar Brigjen Pol Rudi Trenggono, Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Provinsi Kalbar Drs. Manto, M. Si, Wakil Bupati Sintang Melkianus, S. Sos dan Sekretaris Daerah Kabupaten Sintang Kartiyus, SH, M. Si.

Hadir sebagai peserta FGD adalah Forkopimda, Kaban Kesbangpol Se Kalimantan Barat, Pimpinan OPD di Lingkungan Pemkab Sintang, akademisi dan organisasi masyarakat.

Bupati Sintang dr. H. Jarot Winarno menyampaikan tidak ada konflik karena beda kulit, mata dan rambut di Kabupaten Sintang.

“konflik terjadi karena adanya ketidakadilan yang dirasakan. Itulah sumber konflik. Ada konflik karena perkebunan, penyalahgunaan alokasi dana desa oleh kepala desa, umat yang tidak bisa menjalankan ibadahnya seperti jemaat Ahamdyah. Sekali lagi konflik yang terjadi karena rasa ketidakadilan dirasakan masyarakat” terang Bupati Sintang

“untuk itulah, kita pemerintah dengan berkolaborasi dengan banyak pihak harus pandai mendeteksi sumber konflik kemudian mencegah terjadinya konflik. Pemkab Sintang juga sudah mengesahkan Peraturan Bupati Sintang tentang Pemerintahan Kolaboratif. Kita berkolaborasi juga dalam hal mendeteksi secara dini potensi konflik kemudian mencegahnya” terang Bupati Sintang.

“kita libatkan semua komponen daerah untuk ikut mendeteksi dini potensi konflik di Kabupaten Sintang. Kolaborasi sangat penting. Pilkada Kabupaten Sintang juga saya yakini aman dan damai. Konflik sosial mudah dicegah kalau kita mampu mendeteksi secara dini potensi konflik yang ada di masyarakat.

Kabupaten Sintang adalah rumah besar kita bersama. Mari kita jaga Kabupaten Sintang ini supaya aman, damai dan bahagia” terang Bupati Sintang.


...
Syamsuardi

Publish

Sumber: KOMINFO

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Bupati Sintang Buka FGD Membangun Kolaborasi Pencegahan Konflik Sosial Sejak Dini

Iklan