Iklan

Respon Keluhan Masyarakat Tentang Langkanya Gas, Pemkab Sintang Cek Harga dan Stok gas Ke 6 Pangkalan dan 1 Agen.

mega-berita.com
Kamis, 27 Juni 2024 | 01.15 WIB Last Updated 2024-06-26T18:17:07Z

Mega-Berita.com    Pemerintah Kabupaten Sintang melalui Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi dan Usaha Kecil Menengah Kabupaten Sintang merespon keluhan Masyarakat soal kelangkaan gas tabung 3 kg yang terjadi akhir-akhir ini dengan melakukan pengecekan langsung ke beberapa pangkalan dan agen gas di Kecamatan Sintang pada Rabu, 26 Juni 2024.

Arbudin Kadis Perindagkop dan UKM Kabupaten Sintang pada kegiatan tersebut didampingi Siti Musrikah Kepala Satuan Polisi Pamong Praja, Agung Dwi Hanggara selaku Sales Brach Menager III PT Pertamina Patra Niaga Kalbar dan Syukur Saleh selaku Pelaksana Harian Kadis Kominfo Kabupaten Sintang.

Rombongan melakukan pengecekan harga dan stok gas 3 kg di 5 pangkalan dan 1 agen. Pangkalan LPG 3 KG Jaya Makmur Abadi di Desa Sungai Ana menjadi lokasi pertama yang dikunjungi. Rombongan diterima oleh Ibu Erni selaku pemilik pangkalan dan menjelaskan bahwa pangkalan yang dikelolanya melayani warga di 12 RT.

“kadang warga Desa Baning Kota juga ambil gas ke sini. Saya jual 23 ribu per tabung 3 kg. Kami beli ke agen 19.500. kami pasti ambil untung dan biaya bongkar muat. Waktu normal itu, 2 hari sekali, ada agen antar gas, sekarang sebulan hanya 2 kali antar. Sekali antar sekitar 200 tabung. kalau agen bisa kasi harga 16.500, kami siap jual 19.500 ke warga. Dan mohonlah suplai dari agen agar diperlancar kembali” beber Erni kepada rombongan.

Pengakukan berbeda disampaikan oleh Ibu Fatimah pemilik pangkalan gas LPG 3 KG Supardi di Jalan Mensiku Jaya. Ibu Fatimah kepada rombongan menjelaskan pasokan dari agen PT Sepauk Indah ada meskipun jumlahnya berkurang dan harga stabil.

“harga dari agen 16. 500 sehingga kami jual 18.500. Pasokan memang berkurang dari biasanya. Gas ukuran 12 kg jarang dibeli warga karena mahal yakni 220 ribu” beber Ibu Fatiman Boceng selaku Manager Operasional PT Sepauk indah agen gas Kabupaten Sintang yang ada di Mensiku menjelaskan bahwa pihaknya melayani 122 pangkalan di Kabupaten Sintang.

“kita melayani pangkalan sampai di kawasan perbatasan juga. Dan sebenarnya stok kita ada dan kalau pangkalan meminta saat stok mereka kosong, akan kami antar. Harga juga stabil yakni 16. 500 per tabung” terang Boceng.

Anti Dia Pratiwi selaku Admin Pangkalan LPG 3 KG Akcaya 2 Gas menjelaskan bahwa pasokan gas dari PT Rivaco Putra Gas lancar dan normal.

“harga juga normal. Kami jual ke warga 18. 500 per tabung 3 kg. Dan warga yang mau beli wajib menunjukan KTP. Satu orang maksimal bisa beli 2 tabung” beber Anti Dia Pratiwi Arbudin Kadis Perindagkop dan UKM Kabupaten Sintang menjelaskan bahwa kunjungan ke pangkalan dan agen gas ini untuk merespon keluhan warga akan langka dan mahalnya harga gas 3 kg.

“kunjungan ini untuk mengecek kondisi sebenarnya. Kita ingin mengetahui masalahnya apa, sehingga kita bisa mengambil langkah dan solusi yang tepat bersama banyak pihak. Yang menjadi kunci memang rantai pasokan gas dari agen ke pangkalan. Kalau lancar, maka harga akan stabil” terang Arbudin

“kita menghimbau kepada pangkalan agar tetap menjual gas 3 kg sesuai harga eceran tertinggi. Pertamina sudah menjamin bahwa pasokan ke agen tetap stabil. Hasil pengecekan ini, akan kita bawa dalam rapat untuk mencari solusi dari berkurangnya stok gas di pangkalan ini.

Segera akan kita lakukan rapat, saya yakin pasti ada solusinya dan menjadi momen untuk kita saling mengingatkan supaya ke depan tidak terulang lagi” terang Arbudin.


...
Syamsuardi

Publish

Sumber: KOMINFO

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Respon Keluhan Masyarakat Tentang Langkanya Gas, Pemkab Sintang Cek Harga dan Stok gas Ke 6 Pangkalan dan 1 Agen.

Iklan