Iklan

Masyarakat Pertanyakan Bantuan Hibah Rp 8 Miliar dari BNPB Untuk Perbaikan Jembatan di Sintang.

mega-berita.com
Jumat, 25 Agustus 2023 | 16.18 WIB Last Updated 2023-08-26T11:11:52Z
Mega-Berita.com   Sintang, - Berdasarkan informasi Pemerintah Kabupaten Sintang, Kalimantan Barat, mendapatkan bantuan Hibah sebesar Rp 8 miliar rupiah dari Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB). Dana ini akan digunakan untuk perbaikan jembatan yang rusak akibat banjir besar pada tahun 2021 lalu.

Namun menurut salah seorang warga informasi tersebut sepertinya akan menjadi Ampormasi, karena sampai saat ini realisasi perbaikan jembatan Sungai Pembunoh yang terletak di Kelurahan Kapuas Kiri Hilir Kecamatan Sintang belum juga ada realisasinya. 

Perbaikan Jembatan Sungai Pembunoh Masih Abu-Abu, ungkap warga yang lain.

Kami tunggu realisasi perbaikan jembatan yang rusak akibat diterjang banjir ini, Pinta warga.

Mengapa sampai saat ini belum ada tindak lanjut, jembatan darurat yang katanya dari BNPB, tidak ada kabarnya, tanya warga. 

Belum ada realisasi perbaikan, warga anggap BNPB Sintang tidak sigap tangani jembatan, tambah warga. 

Jika tidak kunjung diperbaiki Jembatan sungai Pembunoh terancam putus, terang warga.


Melihat kondisi tersebut Syamsuardi Koordinator Forum Wartawan Dan LSM Kalimantan Barat meminta kepada Pemerintah Daerah Kabupaten Sintang melalui BPBD agar penanggulangan bencana harus segera dilakukan , melalui dana penanggulangan Bencana. 

Dana Siap Pakai (DSP) Penggunaan anggarannya kan bisa digunakan melalui penunjukkan langsung dalam penanggulangan bencana.karena DSP berasal dari APBD, jelasnya. 

Terkait dengan hal ini pemerintah juga telah mengeluarkan Peraturan Pemerintah No.22 tahun 2008 mengenai pendanaan dan pengelolaan dana penanggulangan bencana yang didalam  pasal 32 menyatakan bahwa ‘Pemerintah dan pemerintah daerah melaksanakan pengawasan terhadap pengelolaan dana dan bantuan pada seluruh tahapan penanggulangan bencana’.tutupnya. 


Ck
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Masyarakat Pertanyakan Bantuan Hibah Rp 8 Miliar dari BNPB Untuk Perbaikan Jembatan di Sintang.

Iklan