Iklan

Sarankan Galeri Seni jadi Pasar Khusus UMKM

mega-berita.com
Sabtu, 02 Juli 2022 | 10.05 WIB Last Updated 2022-10-23T02:50:07Z

 

Mega-Berita.com - Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Sintang, Kusnadi memberikan apresiasi terhadap kebijakan pemerintah setempat yang mana hingga saat ini terus memberikan ruang bagi pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM), maka dari itu dirinya menyarankan agar disiapkan pasar khusus bagi para UMKM.

“Kami tidak memungkiri saat ini masih banyak kendala yang dihadapi oleh pelaku UMKM di Kabupaten Sintang ini, salah satunya soal penjualan atau pemasaran, walaupun era digitalisasi saat ini kami menilai mampu menjadi tempat atau wadah berorientasi pelaku usaha yang awam, hal itu dirasa masih belum cukup efektif dalam meningkatkan nilai ekonomis,” tutur Kusnadi, kemarin.

Legislator DPRD  Sintang ini merasa kebijakan pemerintah saat ini sudah mulai pro terhadap petani dan UMKM, tentunya sudah sangat membantu, namun kendala yang dihadapi sudah pasti masih ada, yakni pemasaran atau promosi, terutama produk lokal dan unggulan, hal ini harus mendapat perhatian khusus agar ada nilai saingnya  secara ekonomi.

“Kami meminta agar Pemerintah Daerah menyiapkan tempat khusus bagi pelaku UMKM atau petani dalam rangka meningkatkan hasil pendapatan maupun meningkatkan kualitasnya di khalayak umum, karena dengan dasar itulah nantinya daerah akan mampu menjadi lending sektor penghasil produk lokal unggulan, dan pelaku UMKM maupun pertanian dan perikanan bisa bertahan dalam jangka panjang. Apalagi di tengah situasi dan kondisi pascapandemi covid-19 ini," ungkap Kusnadi.

Politisi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) ini juga menyarankan salah satu tempat yang menurutnya strategis adalah Galeri Seni. Lokasi ini merupakan lokasi strategis berdekatan dengan pusat kota dan merupakan tempat yang strategis untuk pelaku UMKM ke depannya, sehingga UMKM di Kabupaten Sintang dapat meningkat.

“Bangunan galeri seni itu bisa saja dimanfaatkan untuk lokasi pasar untuk para  UMKM, namun tidak mengabaikan dampak lingkungan hidupnya, artinya kalau hanya pemasaran produk pernak pernik, karya kerajinan tangan dan hal yang tidak mengundang kesan kumuh dan juga kotor itu kami rasa tidak masalah,” pungkas Kusnadi, wakil rakyat dari Dapil Kecamatan Sepauk dann Kecamatan Tempunak ini.

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Sarankan Galeri Seni jadi Pasar Khusus UMKM

Iklan