Iklan

Markus Minta Pemerintah Membina Koperasi Plasma

Rabu, 01 Juni 2022 | 22.55 WIB Last Updated 2022-08-07T10:20:43Z


Mega-Berita.com
– Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Sintang, Markus Jembari dari Fraksi Partai Demokrat meminta Pemerintah Kabupaten Sintang melalui Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi Usaha Kecil dan Menengah (Disperindagkop UKM) Kabupaten Sintang, lebih aktif proaktif membina koperasi.

Terutama pembinaan pada koperasi-koperasi yang menjadi mitra perkebunan kelapa sawit. Mengingat saat ini banyak sekali permasalahan antara koperasi petani plasma dan pihak perusahaan yang berinvestasi di Kabupaten Sintang.

Salah satu yang mencuat dan sedang dibahas DPRD Kabupaten Sintang adalah polemik selisih data lahan plasma antara Koperasi Bina Tani Sejahtera (BTS) dan Koperasi Bina Tani Mandiri (BTM) yang bermitra dengan PT Buana Hijau Abadi (PT BHA 2) dari Hartono Plantation Indonesia (HPI Grup).

PT BHA 2 ini beroperasi di Kecamatan Ketungau Hilir dan Kecamatan Ketungau Tengah, Kabupaten Sintang, Provinsi Kalimantan Barat.

“Pemda Sintang melalalui Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi Usaha Kecil dan Menengah (Disperindagkop UKM) Kabupaten Sintang harus lebih proaktif lah membina koperasi mitra perkebunan kelapa sawit. Ini penting agar masalah koperasi plasma dengan perusahaan tidak terus berulang,” harap Markus Jembari.

Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Sintang, Markus Jembari menilai masalah yang timbul karena lemahnya komunikasi. “Karena yang saya lihat di sini, ada miss komunikasi antara perusahaan dengan koperasi. Sehingga berimbas pada anggota. Nah, pemerintah harus bisa menjadi jembatan. Atau membina petani lah paling tidak,” katanya lagi.

“Kedepan harus seperti apa, tentu melakukan proses kemitraan dengan baik. Saya yakin, keberadaan koperasi berada di tengah-tengah antara pihak perusahaan dengan petani plasma. Mengingat saat permasalahan yang sedang dibahas di Komisi D DPRD Sintang dalah polemik selisih data lahan plasma antara Koperasi Bina Tani Sejahtera (BTS) dan Koperasi Bina Tani Mandiri (BTM) dengan dengan PT Buana Hijau Abadi (PT BHA 2) dari Hartono Plantation Indonesia (HPI Grup), kami akan berusaha menyelesaikan permasalahan tersebut,” tegas Markus.

 

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Markus Minta Pemerintah Membina Koperasi Plasma

Trending Now

Iklan